Rabu, 24 April 2013

Talondo Tallu Pakkara, Air Terjun Perawan di Toraja



TORAJA merupakan daerah yang kaya akan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Talondo Tallu Pakkara. Talondo Tallu Pakkara merupakan air terjun yang cukup unik karena dilalui oleh dua anak sungai yang membentuk tiga pancuran air terjun.

Air terjun Talondo Tallu Pakkara ini terletak di dusun Buttu Pali, Lembang Balepe, Kecamatan Malimbong Balepe atau sekitar 30 kilometer dari Kota Makale. Daya tarik dari objek ini adalah kondisi alam yang sangat alami dan belum terjamah tangan manusia dan dipastikan akan memberikan kepuasaan tersendiri bagi pengunjung.

Suasana disekitar air terjun yang masih asri akan menambah segar perasaan dan pikiran pengunjung. Akses jalan ke lokasi air terjun Talondo Tallu Pakkara sebenarnya jalannya cukup bagus, meski masih ada sekitar 8 kilometer jalan yang sementara dalam perbaikan atau baru dibuka.

Meski begitu, jika tidak turun hujan dengan menggunakan kendaraan roda dua kita bisa ke objek ini. Keunikan dari air terjun ini selain memiliki tiga air terjun, sumber airnya pun berasal dari dua sungai yang berbeda.

Pada sisi kanan terdapat sebuah sungai Pekalian dan sisi kiri Sungai Rabung yang bergabung membentuk sungai yang disebut Salu Talondo.

Pada lokasi tempat air jatuh membentuk sebuah kolam berukuran besar dan sangat dalam. Dalam kolam, tersebut terdapat banyak Moa atau yang dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Masapi.

Moa tersebut cukup jinak dan sering diberi makanan oleh masyarakat setempat. Makanan yang diberikan tidak sembarangan tetapi makanan yang terbuat dari beras yang digoreng tanpa minyak atau orang Toraja sering menyebutnya dibakte.

Moa tersebut dilindungi oleh warga, makanya pengunjung dilarang untuk menangkap binatang air tawar ini. Saat ini, air terjun Tallu Pakkara dijaga sepasang suami istri yaitu Ambe’ Talondo dan Indo’ Talondo.

Bagi yang ingin berenang dikolam air terjun tersebut, harus seizin dari Ambe’ atau Indo’ Talondo terlebih dahulu. Karena dilokasi tersebut apa yang menjadi pantangan atau dilarang dilakukan ditempat itu, Ambe’ dan Indo’ Talondo lebih banyak tahu. Konon katanya, rembesan air disekitar air terjun dipercaya warga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys